WEB LAMA
15 Juli 2024

SEDEKAH BUMI ( SELAMATAN SURAN)

Bersih desa merupakana tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Bersih desa sebagai upacara adat, memiliki makna spiritual dibaliknya. Dijawa khususnya ritual bersih desa merupakan wujud bersatunya manusia dgn alam.ritual bersih desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama satu tahun dan juga permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang. Hari pelaksanaan nya pun tidak sembrang ditentukan. Melainkan ada hari-hari tertentu didalam kalender jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan rutual bersih desa. Di desa tambakrejo, bersih desa dilaksanakan pada hari ini, Senin, 15 Juli 2024.

Yang pertama di laksanakan bersih2 dan slametan di Makam dukuh Ngegong dan yang kedua dilaksanakan di Blumbang Gedhe yang ada di dukuh Ploso.

SUTOPO (KAUR PERENCANAAN)    BUDI KIRTONO (KAUR TATA USAHA DAN UMUM)    SUGIARTO (KAMITUWO)    SUKARDI (KAMITUWO)    SUTRISNO (KASI KESEJAHTERAAN)    SUNOTO (KASI PEMERINTAHAN)    INDARTI (KAUR KEUANGAN)    WARSITO (KASI PELAYANAN)